´┐╝Teknikal Analisis Paling Mudah dan Jitu untuk Saham Kripto

saham kripto

Analisis teknis adalah ilmu yang digunakan untuk mengevaluasi produk investasi dan mengidentifikasi sebuah peluang dari saham kripto berdasarkan tren statistik yang dikumpulkan dalam kurun waktu tertentu seperti pergerakan harga dan volume perdagangan dari sebuah emiten atau koin.

Tidak seperti analisis fundamental yang mencoba mengevaluasi nilai saham berdasarkan hasil bisnis seperti penjualan dan pendapatan, analisis teknis berfokus pada studi harga dan volume.

Terdapat berbagai alat atau indikator analisis teknikal yang dapat digunakan untuk meneliti cara penawaran dan permintaan dari saham kripto yang memengaruhi perubahan harga, volume, dan volatilitasnya. Secara data, analisis teknikal menggunakan data historis dari aktivitas perdagangan dan perubahan harga sebelumnya sebagai acuan penilaian ke arah mana harga akan bergerak, apakah turun, naik, atau sideways.

Dengan analisis teknikal kamu memiliki basis penilaian untuk mengetahui kapan kamu harus membeli, menjual sebuah aset saham kripto, atau tidak mengambil langkah apa pun alias menunggu momen. Untuk kamu yang baru terjun ke dunia investasi, setidaknya kamu memiliki bekal analisis teknikal dasar yang nantinya sangat bermanfaat untukmu ketika ingin membeli sebuah aset.

Indikator Analisis Teknikal dan Cara Kerjanya untuk Saham Kripto

  • Struktur Market

Sebelum masuk ke indikator, kamu perlu mengetahui struktur market yang direpresentasikan dalam sebuah chart. Jika sebuah struktur memiliki pola higher high- higher low- higher high – higher low dan seterusnya, maka bisa dikatakan sebuah emiten atau koin berada dalam kondisi uptrend. Posisi Chart terus menunjukkan kondisi kenaikan seperti anak tangga yang naik ke atas.

Namun jika nantinya terjadi perubahan pada struktur pola ini seperti tidak adanya Higher High, melainkan Lower Low, maka itu menjadi tanda bahwa harga akan mengalami penurunan. Secara pola, market yang sedang downtrend atau mengalami penurunan harga memiliki pola Lower Low – Lower High – Lower Low – Lower High seperti anak tangga menurun.

  • Bollinger Band

Bollinger Bands adalah indikator teknikal yang umum digunakan pada saham kripto. Bollinger bands atau biasa disingkat BB memiliki dua garis yang mewakili batas atas dan batas bawah. Kedua garis ini menunjukkan bagaimana harga saham kripto relatif pada rentang perdagangan terakhir. Garis-garis ini memberikan kita informasi tentang penguatan atau pelemahan tren dari sebuah emiten atau koin yang ada di market. Ketika harga bergerak melebihi garis BB atas, ini menunjukkan bahwa trend kenaikan atau tekanan beli yang kuat. Sebaliknya, jika garis BB bawah ditembus ini menunjukkan adanya tekanan jual atau tren penurunan yang kuat. Namun, jika candle berada pada garis tengah BB ini menunjukkan bahwa market sedang sideways atau tidak ada perubahan yang signifikan dari harga sebelumnya.

Di mana Membeli Saham Kripto?

Untuk trader pemula, Nanovest menjadi aplikasi saham kripto terbaik saat ini. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2021 tersebut telah memiliki jutaan user karena memberikan berbagai hadiah menarik dan memudahkan trader pemula dalam memahami pasar saham dan kripto.

Fitur-fitur yang disediakan dapat digunakan oleh trader untuk mengasah kemampuan dalam menganalisis dan mengidentifikasi pasar, dan sentimen. Tampilannya begitu youth didominasi warna ungu dan navigasi yang sederhana pada tiap fitur.

saham kripto

Berbeda dengan aplikasi lainnya, Nanovest memungkinkan kamu melakukan diversifikasi aset pada kripto atau pun saham. Hal ini tentunya memudahkanmu dalam memonitoring asetmu untuk periode waktu tertentu. Bahkan untuk saham, di Nanovest kamu bisa membeli saham global seperti Tesla, Google, Microsoft, dan lain-lain. Yuk mulai investasi saham kripto sekarang di Nanovest!